Advertisement

Link Banner

Baterai Dari Kentang Rebus

Posted by YUDI SETIADI

SEBARKAN ARTIKEL
"Baterai Dari Kentang Rebus" Ini ke -->

FACEBOOK | TWITTER | GOOGLE + | PINTEREST

YissumSeberapa besar ketergantungan Anda pada baterai? Jawabnya mungkin bervariasi namun bisa dipastikan kalau paling tidak ada satu atau dua peranti elektronik Anda yang menggunakan daya baterai sebagai penyuplai energi. Bayangkan jika Anda kehabisan daya baterai sementara untuk membelinya Anda harus mengeluarkan uang atau menempuh jarak yang cukup jauh. Bukankah lebih mudah jika Anda tinggal merebus kentang untuk mengisi ulang baterai Anda?

Skenario di atas mungkin tak akan bisa diterapkan di daerah perkotaan yang notabene lebih mudah mencari baterai atau jaringan listrik sudah menyebar ke berbagai penjuru kota. Skenario itu hanya akan berlaku pada daerah-daerah terpencil yang memang masih punya banyak batasan. Para peneliti di Yerusalem pun sadar kalau hasil temuan mereka ini akan lebih bermanfaat di daerah-daerah yang sedang berkembang dan jaringan listrik belum menjangkau semua tempat. Karena itu mereka juga hanya akan menyumbangkan teknologi ini pada mereka yang ada di negara-negara berkembang.

Dari gambar yang dicantumkan, terlihat bahwa pembuatan baterai dari kentang rebus ini juga tak terlalu rumit. Mereka hanya menggunakan kabel dan elektroda yang terbuat dari seng dan tembaga yang jelas mudah didapat di mana-mana. Kenapa harus direbus? Konon, proses ini semakin meningkatkan daya listrik hingga sepuluh kali lebih besar dari kentang yang tidak direbus. Tidak jelas seberapa besar daya yang dihasilkan oleh kentang-kentang rebus ini namun yang pasti biaya pembuatannya jelas tak terlalu mahal dan bagusnya lagi, baterai ini bisa diisi ulang dengan cara yang mudah.


http://spinnwebzine.wordpress.com/2010/06/29/baterai-dari-kentang-rebus/

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar