Advertisement

Link Banner

Inilah Calon Bebek Matik Indonesia

Posted by YUDI SETIADI


dOK kOMPAS.COM

JAKARTA, KOMPAS.com — Bebek matik (betik). Itulah calon segmen baru pasar sepeda motor nasional. Lagi-lagi, dua pesaing Yamaha dan Honda sudah menyiapkan senjata andalan masing-masing. Apa kelebihan dan kapan mulai dipasarkan?

Dari markas PT Astra Honda Motor (AHM), Kompas.com mendapat informasi kalau produsen sayap mengepak itu sudah menyiapkan Absolute Revo. Persiapannya sudah dimulai sejak tiga tahun lalu dan bakal dilepas Juli atau Agustus mendatang.

"Tunggu saja tanggal mainnya," ujar Julius Aslan, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Di Thailand, betik Honda bernama Wave dibekali mesin 109,1 cc yang mampu berakselerasi 0-100 kilometer dalam 9,12 detik. Dilengkapi sistem injeksi yang menjadikannya lebih hemat bahan bakar. Pabrikan mengklaim, Wave mampu mengonsumsi bahan bakar 1 liter untuk menempuh 53 km.

Sementara Yamaha juga tak mau kalah. Garputala punya Lexam yang sudah diluncurkan di Vietnam tahun lalu. Bedanya, untuk Indonesia tidak dilengkapi sistem injeksi, memungkinkan produknya akan lebih kompetitif dari segi harga.

Namun, ada perbedaan karakteristik antara kedua motor. Revo Matik akan menawarkan motor bebek dengan kelebihan skutik. Semua fungsi, rem depan (kanan setang), rem belakang (kaki kanan), dan dinamika berkendara 100 persen seperti bebek.

Lexam justru memiliki karakteristik skutik, seperti tuas rem depan (kanan setang) dan rem belakang (tangan kiri), juga dengan dinamika seperti bebek.

Perbedaan karakter ini memungkinkan Yamaha akan menargetkan untuk menggerus pasar skutik lawan. Sementara Honda berusaha mencuri kesempatan di pasar bebek lawan. Dengan demikian, akan terjadi persaingan menarik di segmen ini nantinya.

Masalahnya, ada pekerjaan rumah bagi kedua ATPM untuk mengedukasi para konsumen agar lebih yakin membeli produknya.

http://otomotif.kompas.com/read/2010/06/28/09303243/Inilah.Calon.Bebek.Matik.Indonesia-4

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar