Advertisement

Link Banner

PETUAH ORANG JAWA

Posted by YUDI SETIADI

SEBARKAN ARTIKEL
"PETUAH ORANG JAWA" Ini ke -->

FACEBOOK | TWITTER | GOOGLE + | PINTEREST

HANACARAKAPada jaman dahulu banyak orang tua sering memberi petuah atau nasihat kepada anak cucunya dengan kata-kata sandi atau istilahnya sanepo atau perumpamaan. Terkadang kata-kata sanepo itu mudah dipahami tapi terkadang sulit dipahami, sehingga perlu penjelasan lebih lanjut untuk ukuran anak-anak periode sekarang. Banyak sekali petuah dari nenek moyang lewat kata-kata sandi atau kiasan atau perumpamaan, hanya saja terkadang kita sebagai orang muda kurang begitu memperhatikannya. Disini saya sampaikan makna yang terkandung dalam huruf Ha Na Ca Ra Ka sebagai berikut :

Ha artinya Ada , menandakan bahwa kita hidup ada yang menciptakan yaitu Gusti kang akarya jagad sak isine. maka kita senantiasa harus bersujud kepadaNya, selalu taat kepadaNya, selalu menjalankan perintahNya dan meninggalkan semua laranganNya.

Na artinya Nalar atau pikiran maksudnya dalam kegiatan kehidupan sehari-hari kita senantiasa menggunakan nalar kita, namun jangan berlebihan karena ada sesuatu yang kadang tidak dapat kita jangkau dengan nalar kita. Juga jangan mendewa-dewa kan nalar atau otak kita biar tidak jadi orang sombong.

Ca artinya Cara maksudnya dalam mencapai suatu angan-angan atau cita-cita atau impian kita harus mempunyai cara atau strategi-strategi yang baik dan tidak merugikan atau mengganggu kepentingan otang lain. Cara-cara atau strategi yang kita gunakan untuk mencapai tujuan atau cita-cita jangan melanggar aturan Allah SWT.

Ra artinya Rasa menandakan kita senantiasa mengembangkan rasa solidaritas dalam batas-batas kebaikan, harus tepo sliro, saling menghargai dan menghormati kepada sesama makhluk Allah.Kita sebagai makhluk sosial, kita perlu bermasyarakat, bernegara dan beragama. Kita tidak mungkin dapat hidup sendirian tanpa memerlukan orang lain di sekitar kita. Pada saat kita butuh makan kita perlu petani yang menanam padi, saat kita butuh rumah maka kita butuh orang yang menyediakan material dan tukang batu, tukang kayu, tukang besi dan sebagainya.

Ka artinya Karsa atau Kemauan maksudnya kita hidup harus punya cita-cita atau kemauan atau impian. Kemajuan atau kesuksesan seseorang diawali dari keinginan atau kemauan atau cita-cita atau impian. Dari cita-cita itulah orang melakukan sesuatu dangan cara tertentu untuk menggapainya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahawa kita ada didunia ini diciptakan oleh Allah SWT, maka kita harus senatiasa sujud kepadaNYa,taqwa kepadaNya, dan harus punya cita-cita yang perlu dwujudkan namun tetap menggunakan cara-cara yang sesuai dengan norma-norma agama, norma masyarakat, adat istiadat, tidak mengganggu hak dan kepentingan orang lain dan sebagainya.

Sumber: http://mrsudarto.wordpress.com/2009/09/27/petuah-orang-jawa/

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar