Advertisement

Link Banner

Belanda v Spanyol: Kotor lawan bersih

Posted by YUDI SETIADI


Belanda v Spanyol

Belanda v Spanyol pastikan Piala Dunia 2010 hasilkan Juara Dunia baru (Detiksport)

Dua tim top Eropa akan bertarung memperebutkan titel juara dunia hari Minggu malam nanti. Dalam hal kedisplinan, Belanda dan Spanyol memiliki rapor yang bertolak belakang: yang “terkotor” dan “terbersih”.

Belanda yang telah memainkan enam pertandingan dan selalu menang, tercatat dalam daftar statistik turnamen sebagai tim yang paling sering melakukan pelanggaran dan pengoleksi kartu kuning terbanyak.

Tim asuhan Bert van Marwijk itu telah membuat pelanggaran sebanyak 98 kali. Paraguay dan Ghana menguntit di belakang mereka dengan masing-masing 97 dan 90 kali melakukan pelanggaran dari lima pertandingan.

Spanyol? Finalis yang satu ini ada di peringkat ke-12 dengan “cuma” 62 kali melakukan pelanggaran. Jika dirata-ratakan dalam enam pertandingan, Carles Puyol dkk hanya “mengasari” lawan 10,33 kali per game. Belanda rata-rata 16,33 kali per partai.

Soal kartu kuning, “Singa Oranye” sudah mengantongi 15 buah, atau 2,5 per game. Jumlah itu disebar untuk 13 pemain, termasuk Gregory van der Wiel dan Nigel de Jong yang dua kali menerimanya dari wasit. Bukan itu saja, pemain Belanda juga diketahui sering melakukan aksi simulasi alias diving. Nama Arjen Robben mungkin langsung teringat.

Adapun Spanyol sejauh ini baru punya tiga kartu dari enam pertandingan, atau 0,5 per game. Secara keseluruhan, Spanyol hanya kalah “santun” dari Korea Utara yang diganjar kartu kuning dua kali saja, tapi hanya dalam tiga pertandingan.

Soal rata-rata kartu kuning, Chile adalah rajanya. Tim Latin ini mengoleksi 13 kartu dari empat laga, atau 3,25 per game. Slovakia juga cukup “kasar” dengan 11 kartu dari empat partai (2,75 per game). Ghana juga “kolektor aktif” dengan 11 kartu dari lima pertandingan.

Catatan “positif” lain untuk Spanyol adalah, mereka tim yang paling sering dikasari lawan-lawannya, sebanyak 106 kali. Andres Iniesta dan Sergio Busquets sejauh ini paling diincar pemain-pemain lawan. Mereka sudah ditekel 18 kali.

Sumber: http://sepakbola.com/news/2010-07-08/0016323/belanda-v-spanyol-kotor-lawan-bersih

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar