Advertisement

Link Banner

PSSI akan Buka Pendaftaran Timnas di Belanda

Posted by YUDI SETIADI


Tim nasional Indonesia (GOSport/ M Luthfi Makki)

VIVAnews - Badan Tim Nasional (BTN) akan bertolak ke Belanda untuk menjaring pemain-pemain keturunan Indonesia yang bersedia membela Merah Putih. Dalam misi ini, BTN akan melibatkan pelatih timnas, Alfred Riedl.

"September saya bersama Riedl akan bertolak ke Belanda. Di sana kami akan mencari pemain-pemain keturunan Indonesia yang bersedia masuk timnas," kata Iman Arif, ketua BTN, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa, 20 Juli 2010.

"Kami akan buat pengumuman untuk selanjutnya diseleksi siapa saja yang layak masuk timnas. Untuk status kewarganegaraannya nanti, tentu kami akan memintan bantuan PSSI untuk mengurusnya ke pemerintah," lanjutnya.

Menurut data yang dikantongi BTN, di Belanda terdapat setidaknya 20 pemain yang punya garis keturunan Indonesia. Namun jumlah itu kemungkinan bakal bertambah mengingat masih banyak pemain yang belum terpantau.

"Belum tentu juga semuanya layak masuk timnas. Beberapa nama yang layak akan kita gabungkan dengan pemain Indonesia yang ada di Uruguay dan pemain yang tampil pada dalam negeri,” beber Iman Arif.

Mengenai sasaran naturalisasi pemain, Iman tidak memungkiri sementara hanya untuk memburu target jangka pendek. Namun BTN akan tetap menjaga pembinaan usia muda untuk menjaga prestasi timnas kedepannya.

"Untuk sementara kita memang mengejar target jangka pendek seperti Piala AFF. Namun kita juga tidak akan melupakan pembinaan usia dini. Kita akan menjaring pemain muda usia U-21 untuk persiapan ke depannya," tandasnya.

PSSI saat ini sedang berusaha menaturalisasi salah seorang pemain Belanda, Serginho Van Wijk. Pemain yang berlaga di Liga Australia itu telah sepakat untuk membela timnas Merah Putih. Namun yang menjadi kendala, Serginho tidak ingin seterusnya menjadi warga negara Indonesia.

Sebaliknya, pemain berusia 27 tahun ingin kembali menjadi warga negara Belanda bila tidak lagi dipakai oleh timnas. Sekjen PSSI, Nugraha Besoes menyatakan Indonesia tidak dikenal sistem kewarganegaraan temporer. Namun PSSI menurutnya akan berusaha untuk mencari jalan agar dapat menaturalisasi Serginho.

Sumber: http://bola.vivanews.com/news/read/165879-pssi-akan-buka-pendaftaran-timnas-di-belanda

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar