Advertisement

Link Banner

Penyebab Pria Sering Sakit Gigi

Posted by YUDI SETIADI

SEBARKAN ARTIKEL
"Penyebab Pria Sering Sakit Gigi" Ini ke -->

FACEBOOK | TWITTER | GOOGLE + | PINTEREST

Maryland, Sakit gigi bisa dialami semua orang, baik anak-anak maupun dewasa, pria ataupun wanita. Tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria lebih sering menderita sakit gigi. Apa penyebabnya?

Peneliti dari University of Maryland Dental School menemukan penyebab pria sering sakit gigi adalah karena hormon seks steroid. Adanya hormon seks steroid berada di balik peningkatan risiko penyakit
periodontal (kerusakan gigi) pada pria.

"Untuk mengembangkan manajemen yang lebih baik dan model penilaian risiko penyakit periodontal, kami telah menerbitkan kajian komperehensif pertama tentang perbedaan gender dalam perkembangan penyakit periodontal," jelas Mark Reynolds, profesor di University of Maryland Dental School, seperti dilansir Medindia, Selasa (2/11/2010).

Prof Reynolds menjelaskan bahwa ini merupakan bukti biologis untuk dimorfisme seksual atau perbedaan dalam kerentanan terhadap penyakit periodontal antara pria dan wanita. Hormon steroid mempunyai efek pada peradangan sistem kekebalan tubuh dan juga berefek pada kesehatan gigi dan mulut.

"Akar perbedaannya juga bersifat genetik," ungkap Prof Reynolds.

Hal serupa juga diyakini oleh Harlan Shiau, asisten profesor di University of Maryland Dental School. Menurutnya, perbedaan regulasi gen, terutama pada respon gen seks steroid, cenderung memainkan peran dalam dimorfisme seksual pada penyakit periodontal destruktif.

Sebelum melakukan studi ini, peneliti juga telah melakukan tinjauan secara sistematis terhadap penelitian tentang prevalensi penyakit periodontal. Dalam analisisnya, pria memang memiliki prevalensi penyakit periodontal yang lebih besar daripada wanita secara global.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada Journal of Periodontology.

Sumber: http://www.isisurakartablog.com/2010/11/penyebab-pria-sering-sakit-gigi.html

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar