Advertisement

Link Banner

Dokter RI: Laser Ganggu Konsentrasi dan Picu Marah

Posted by YUDI SETIADI


Headline

Jakarta – Timnas Indonesia mendapat serangan laser dari pendukung Malaysia. Menurut ahli mata, sorot laser itu mengganggu psikologis pemain dan bisa membuat marah.

Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan sinar yang dipadatkan dengan emisi dan dipancarkan. Selain itu, laser dibagi menjadi dua jenis, laser dingin dan panas.

Serangan ke timnas Indonesia pada pertandingan laga final leg 1 Piala AFF 2010 merupakan laser dingin. Meski tak membahayakan, menurut Dokter Spesialis Mata dan yang juga dokter kepresidenan, Raman Ramayana Saman laser mengganggu konsentrasi. Selain itu, sinar laser bisa membuat orang menjadi marah.

“Emosi menjadi terganggu. Laser itu mengganggu daya adaptasi mata, sehingga penglihatan akan kabur untuk sementara. Kemudian, mata butuh waktu untuk beradaptasi lagi,” katanya.

Sementara sinar laser memiliki jangkauan hingga 1-2 km. Berbeda dengan sinar biasa, sinar laser ini akan terus benderang di jarak 1-2 km. Menurut dokter spesialis mata ini, sinar laser merupakan salah satu penyebab jeleknya permainan timnas Indonesia.


Sumber: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1094682/dokter-laser-ganggu-konsentrasi-dan-bikin-marah


{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar