Advertisement

Link Banner

Isi sebuah komputer

Posted by YUDI SETIADI

SEBARKAN ARTIKEL
"Isi sebuah komputer" Ini ke -->

FACEBOOK | TWITTER | GOOGLE + | PINTEREST


Bagian utama dari sebuah komputer untuk mengendalikan proses adalah CPU (Central Processing Unit). Di dalam CPU, semua proses berlangsung. Jika kita melihat isi CPU lebih dalam, kita dapat lihat banyak jenis perangkat yang disertakan di CPU tersebut pada bagian kanan kotak (casing) CPU.

Ada banyak perangkat di dalam sebuah CPU.
Beberapa diantaranya:
a. Motherboard
Ini adalah sebuah printed circuit board (PCB) dimana semua card (perangkat) atau module dipasang. Motherboard juga disebut dengan main board, baseboard, system board, atau planar board. Di perusahaan Apple computer sendiri, motherboard disebut juga logic board.

b. Processor
Processor adalah sebuah sistem hardware (terkadang software) untuk mengendalikan operasi data. Untuk pertama kalinya, prosesor hanyalah sebuah vacuum tube. Kemudian mengalami sebuah evolusi menjadi transistor, sampai mencapai bentuk prosesor yang kita lihat baru-baru ini.
Didalam CPU komputer, ada sebuah single chip (chip tunggal) yang disebut microprosesor. Bila seseorang mengacu kepada kecepatan dari sebuah komputer, dianjurkan dan dipertimbangkan dengan baik ukuran dari sebuah CPU adalah megahertz (MHz). Tetapi sekarang ini, kecepatan dari prosesor telah mencapai gigahertz (ghz). Ingat hukum moore tentang kecepatan dari komputer. Ada banyak perusahaan-perusahaan memproduksi prosesor. Terutama adalah intel. Dan ada juga amd dan ibm. Berikut adalah sebuah prosesor dilihat dari atas.










c. Memory (RAM)
Untuk menangani perhitungan, khususnya untuk mengakses data yang paling sering diakses, komputer memerlukan sebuah memory. Dalam hal ini adalah RAM (Random Access Memory). Karakteristik RAM adalah volatile, artinya bahwa data yang tersedia di memory hanya tersedia sementara ketika komputer dihidupkan. Itulah mengapa kamu harus menyimpan pekerjaanmu sebelum komputer dimatikan.
Ini berbeda dengan ROM, yang mana berarti Read Only Memory (hanya membaca memory). ROM non-volatile, artinya bahwa data masih berada di dalam ROM walaupun tidak ada aliran listrik. Berikut adalah gambar-gambar memory komputer.

d. Sound card
Sound card juga diketahui sebagai audio card. Sound card dapat mengkonversikan sinyal audio d
ari mikrofon, audio tape, atau beberapa sumber lain ke sinyal digital, yang mana dapat menyimpan se
buah file audio di komputer. Sound card juga mengkonversikan file audio ke sinyal listrik, yang mana kamu dapat bermain melalui suatu alat pengeras suara atau headphone. Themicrophone dan alat pengeras suara atau headphone dihubungkan ke sound card.

e. VGA card
VGA yang berarti video graphic array. Ini adalah sebuah perangkat yang menangani sinyal untuk ditampilkan ke monitor.







f. Internal Modem
Modem berarti modulator dan demodulator. Fungsinya menghubungkan komputer ke internet. Modem akan mengirimkan sinyal digital dari komputer ke sinyal analog. Proses ini disebut modulasi. Ada proses kebalikan dalam komputer sebaliknya,yaitu penerima. Didalam komputer penerima ini, sinyal analog diterima dan kemudian diubah menjadi sinyal digital. Proses ini dikenal sebagai demodulasi. Itulah mengapa modem mengerjakan dua proses. Modem digolongkan kedalam dua jenis. Yaitu internal modem yang mana ditempatkan di dalam cpu, yang disebut internal modem.


Di atas adalah sebuah gambar internal modem conexant 56kbps. Modem ini identik dengan c
hip dimana perusahaan tersebut menciptakan. Conexant berarti chip yang dibuat oleh conexant.
Data dikirimkan dari sebuah modem ke internet atau dari internet ke modem disebut kec
epatan modem. Dan ukurannya adalah kbps, berarti kilo bit per second. Jenis lainnya adalah mo
dem external adalah modem yang ditempatkan di luar cpu. Lihat gambar pada sisi kanan.


g. Network Interface Card
Network Interface Card atau NIC. Juga dikenal sebagai LAN card. Yang
mana menginzinkan komputer untuk terhubung ke komputer lainnya hingga dapat saling menukar informasi.
NIC dapat dikenali dengan mudah. Hanya sebuah Port (jalur) khusus yang disebut RJ-45. RJ berarti Registered Jack. Dan juga sebuah lampu led untuk mengindikasikan sebuah data sedang dikirim.


Diatas adalah NIC yang terhubung ke komputer lainnya menggunakan sebua kabel.
Untungnya, Dunia ini sedang mengalami perubahan. Dalam kaitan dengan tanpa menggunakan kabel, orang berusaha tidak menggunakan kabel. Metode ini disebut wireless (nirkabel), berarti tanpa kabel/kawat. Gambar-gambar di bawah LAN card tanpa menggunakan kabel untuk terhubung. Ini dikenal sebagai WLAN, Wave (gerlombang) LAN, sejak menggunakan gelombang sebagai media mengirimkan data.



Sumber: http://www.rialsoft.tk/2010/08/isi-sebuah-komputer.html

{ 1 comments... or add one}


TambelanBlog mengatakan...

Isi sebuah tidak lepas dari Power Supply. Karena ini juga bagian paling penting dalam sebuah Isi CPU :)

Posting Komentar