Advertisement

Link Banner

Kenapa Lambang Garuda di Kostum Timnas Dipermasalahkan? Ini Jawabannya!

Posted by YUDI SETIADI


Siang tadi pengacara David Tobing telah resmi mengajukan gugatan pemakaian lambang burung garuda di kaos tim nasional sepakbola Indonesia. Dalam gugatannya David menggugat Presiden, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Pemuda dan Olahraga, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Nike Indonesia.

Ia menilai para terlapor yang selaku penanggung jawab lambang negara harus bertanggung jawab, membiarkan Garuda dipasang dalam kostum.

David menggugat, Logo Garuda harus dilepaskan dari kostum nasional dan kerjasama antara PSSI dan Nike harus dihentikan dengan desain seperti itu.

“Penggunaan lambang garuda sebagai kostum bola jelas melanggar Pasal 57 Huruf d Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, setiap orang dilarang menggunakan lambang negara untuk keperluan selain yang diatur dalam UU ini,” ujar David.

Menurut David, ketentuan dalam Undang-undang itu secara limitatif menentukan dapat digunakan untuk apa saja lambang negara Garuda.

Ia menyebukan Pasal 51 dimana isinya lambang negaara hanya wajib dan boleh digunakan di dalam gedung kantor, ruang kelas pendidikan, lembaran dan berita negara, paspor, ijazah, dokumen resmi, uang.

Kemudian dalam Pasal 52, dimanalambang negara dapat digunakan sebagai kop surat jabatan, cap dinas, kertas bermaterai, surat tanda jasa, atribut pejabat, atau warga negara yang mengemban tugas negara di luar negeri, penyelenggaraan peristiwa resmi, buku pemerintah, Undang-undang serta di rumah WNI.

Sumber: http://gugling.com/kenapa-lambang-garuda-di-kostum-timnas-dipermasalahkan-ini-jawabannya.html

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar