Advertisement

Link Banner

Protes Resmi Diajukan PSSI ke AFC

Posted by YUDI SETIADI


Pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengajukan protes resmi ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait dengan gangguan sinar laser yang terjadi saat pertandingan final leg pertama AFF Suzuki Cup 2010.

“Hari ini kami akan membuat surat protes itu ke AFC,” kata Sekjen PSSI Nugraha Besoes di sela-sela acara peluncuran buku mengenang 1000 hari wafatnya tokoh sepak bola nasional Endang Witarsa.

Nugraha mengatakan, insiden gangguan sinar laser yang banyak ditujukan kepada para pemain Timnas Indonesia saat berlaga melawan Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil Kuala Lumpur itu merupakan kasus yang serius karena sinar laser yang digunakan oleh oknum penonton bukan sinar laser biasa, melainkan berradiasi tinggi.

“Ini merupakan kasus serius karena ternyata sinar laser itu memang sangat membahayakan dan bukan merupakan sinar laser biasa yang harganya murahan,” kata Nugraha sambil memperlihatkan bukti foto tembakan laser tersebut yang direkam dalam telepon selulernya. Meski demikian, Nugraha mengatakan, protes tersebut secara prosedural ditujukan kepada AFC dan bukan ke Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Serbuk Gatal

Sementara itu Ketua Umum PSSI Nurdin Halid menambahkan, Malaysia memang tidak fair dalam laga final leg pertama kemarin, sebab selain laser dari penonton, juga ada serbuk yang bikin gatal-gatal. Demikian dikatakan Nurdin saat ditemui wartawan usai ikut menyaksikan latihan tim di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Senin sore.

"Jadi memang ada hal yang teman-teman pers tidak tahu, bahwa sebetulnya timnas kita itu dari awal sudah dapat teror. Sejak dari awal latihan, menunggu bus sangat lama. Saya sampai maki-maki petugasnya," tutur Nurdin. "Begitu kita tiba di tempat latihan, di muka gawang itu ditaburkan sesuatu serbuk yang membuat kiper kita gatal-gatal. Tapi saya belum tahu apa itu. (Pelatih) Widodo dan dokter bilang, serbuk itu menciptakan alergi, apalagi sampai bengkak-bengkak pada Markus."

Puncaknya, lanjut Nurdin, saat pertandingan penonton Malaysia mengganggu timnas dengan sinar laser. Ia mengatakan, hal ini sudah diantisipasi jauh-jauh hari dengan menyampaikan ancaman pada otoritas Malaysia, bahwa Indonesia tidak mau bertanding atau menghentikan laga jika ada laser. "Saya mengimbau masyarakat kita untuk tidak melakukan hal yang sama. Saya minta dukung dengan sportif. Dan insyallah kita bisa jadi juara," ujarnya.

Sumber: http://waroengpunk.blogspot.com/2010/12/protes-resmi-diajukan-pssi-ke-afc.html

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar