Advertisement

Link Banner

Keunikan Tubuh Manusia

Posted by YUDI SETIADI

SEBARKAN ARTIKEL
"Keunikan Tubuh Manusia" Ini ke -->

FACEBOOK | TWITTER | GOOGLE + | PINTEREST

Di artikel ini, saya akan membicarakan tentang keunikan tubuh manusia, yang tanpa disadari ternyata memiliki banyak hal-hal yang aneh (dan mungkin harus masuk buku rekor!). Yang saya tampilkan di sini berbeda dengan pengetahuan umum yang dipelajari saat sekolah, melainkan fakta-fakta uniknya saja. Berikut hal-hal yang unik dari tubuh manusia.

1. Jika dipanjangkan, total panjang seluruh saraf di tubuh kita mencapai 50.000 km.

Saraf adalah salah satu alat dalam sistem kordinasi tubuh kita dan berperan penting dalam kordinasi gerak. Meski ukurannya kecil, tapi saraf di tubuh kita berjumlah ribuan, sehingga tak heran jika satu saraf bisa terikat dengan 1.000 saraf lainnya dan seluruhnya mencapai panjang 50.000 km.

2. Saat bayi kita punya 300 tulang, tapi saat dewasa kita punya 206 tulang.

Tulang-tulang di tubuh kita banyak yang menyatu saat kita beranjak dewasa, saat proses pembentukan tulang berlangsung.

3. Tubuh mempunyai 650 otot, dan hampir sepertiganya digunakan saat berjalan.

Gerak jalan wanita

Saat kita berjalan dengan 2 kaki, tanpa disadari itu sudah merupakan kegiatan terbaik yang dilakukan seekor hewan (iya, manusia juga hewan). Kegiatan ini membutuhkan kordinasi otot-otot yang luar biasa sehingga manusia dengan otak yang lebih baik dapat berjalan dengan dua kaki.

4. Dalam sehari, manusia membutuhkan sekitar 10.000 liter udara saat bernapas.

Karena kita menghirup udara dalam frekuensi yang cukup sering, maka tak heran jika kita butuh udara sebanyak itu. Sekitar sepertiga dari angka di atas dibutuhkan saat tidur, dan sisanya saat siang hari.

5. Batuk bisa menyembuhkan penyakit, tapi bisa juga membunuh orang.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk menghilangkan kotoran dari saluran pernafasan. Jika kita batuk dengan efektif (biasanya dengan dahak), maka kita sukses menghilangkan kotoran tersebut. Tapi jika kita batuk tidak efektif (dengan keras tapi tak keluar dahak) maka itu hanya akan menyakiti dada kita. Batuk rejan diketahui bisa membunuh seorang anak.

Give Blood, Give Life

6. Dalam 1 tusukan jarum, darah yang keluar mengandung 4,5 juta-5 juta sel darah merah.

Darah kita berwarna merah sebenarnya karena ada sel-sel darah merah di dalamnya. Sel-sel ini berperan mengedarkan oksigen di tubuh kita. Karena tugasnya sangat penting, maka jumlahnya pun sangat banyak. Tubuh kita bahkan memiliki 25 triliun sel darah merah. Sebanyak 2 juta sel baru diproduksi tiap detik untuk mengganti sel-sel yang rusak dalam jumlah yang sama.

7. Semasa hidup, jantung mampu memompa darah yang cukup mengisi 100 kolam renang standar.

Ini bukan sesuatu yang aneh, sebenarnya, karena ukurannya seumur hidup. Saat santai, 3 denyut jantung mampu memompa secangkir penuh darah. Tapi saat berolahraga, 1 denyut jantung dapat memompa 2 cangkir penuh darah. Wow!

8. Kulit orang dewasa jika dibentangkan dapat menutupi daerah 2 m2 dengan bobot 3-4 kg.

Kulit adalah organ terbesar di tubuh manusia, karena fungsinya melindungi tubuh dari segala macam kerusakan. Jika kulit dapat menutupi daerah 2 m2, maka segitu jugalah luas tubuh kita!

9. Otot tercepat di tubuh manusia adalah otot kelopak mata.

Mata kita bisa berkedip kurang dari sedetik, dan pasti Anda tak pernah merasa saat Anda berkedip, kan? Kecuali Anda berkedip dengan sengaja.

10. Tahi lalat adalah sebuah tumor.

Tahi lalat adalah sebuah tumor jinak, dan saya belum pernah mendengar ada tahi lalat yang berubah jadi kanker. Namun keberadaan tahi lalat juga sering dikaitkan dengan mitos, seperti tahi lalat di bibir berarti orangnya cerewet, tahi lalat di jari berarti usil, dan lain-lain. Tahi lalat yang terlalu banyak sering mengganggu penampilan seseorang, seperti halnya jerawat.

Otak kita memang super

11. Otak capung ribuan kali lebih baik dari komputer tercanggih di dunia (buatan Amerika), otak manusia ribuan kali lebih baik dari otak capung.

Haha, ternyata otak kita keren juga. Sekeren-kerennya komputer (meski bikinan NASA yang terkenal pinternya itu), secanggih-canggihnya robot, tak akan bisa mengalahkan manusia pembuatnya. Betul-betul-betul?

12. Otak manusia bisa menampung informasi lebih banyak dari semua buku di perpustakaan nasional Amerika, bahkan sampai sedetil-detilnya!

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa otak kita bisa menampung informasi yang luar biasa banyaknya. Namun sayang banyak yang tidak tahu dan tidak bisa memanfaatkan potensi ini.

13. Batuk dan bersin adalah contoh refleks yang paling kompleks dan rumit di tubuh manusia.

Batuk dan bersin adalah hal biasa, tapi dari sudut pandang biologi, ternyata menyimpan kerumitan yang luar biasa. Batuk dan bersin melibatkan kerja sama antara otot-otot mulut, dada, tenggorokan, paru-paru, hidung, otot muka, dan melibatkan banyak saraf untuk mengontrolnya.

14. Laki-laki memiliki benda yang sama sekali aneh: puting susu yang pasti tidak akan digunakan.

Ini hal yang memalukan untuk dibicarakan, tapi aneh rasanya jika tidak dibahas. Saya sendiri tidak mengerti kenapa laki-laki punya puting susu? Apa nenek moyang laki-laki menyusui? Aneh.

Sebenarnya masih banyak keajaiban lain di diri manusia, dan sangat sulit menampilkan semuanya di sini (mungkin nanti saya akan membuat kelanjutan artikel ini). Anda ingin berbagi pendapat? Silahkan tulis komentar di bawah.



Sumber: https://arisudev.wordpress.com/2011/01/27/keunikan-tubuh-manusia/


{ 1 comments... or add one}


Anonim mengatakan...

subhanallah

Posting Komentar