Advertisement

Link Banner

Jangan Dihukum, FIFA Harus Selamatkan Sepakbola Indonesia

Posted by YUDI SETIADI




FIFA bisa menjatuhkan hukuman pada Indonesia terkait kisruh yang terjadi di PSSI. Namun otoritas sepakbola dunia itu diharapkan mengambil langkah lebih bijak dengan melakukan penyelamatan ketimbang memberi sanksi.

Demikian diungkapkan kolumnis ESPNStar, Jesse Fink dalam tulisannya yang dimuat situs berita olahraga internasional tersebut. Dalam opininya yang dimuat Selasa (29/3/2011) ini, Fink menjelaskan panjang lebar soal kisruh yang menimpa PSSI hingga kongres yang batal digelar pada akhir pekan kemarin.

Dalam keadaan normal Fink menyebut kekacauan yang terjadi seperti di PSSI akan berbuntut dengan jatuhnya sanksi dari FIFA. Namun dia menganggap kalau pencinta sepakbola Indonesia layak mendapat lebih dari sebuah jatuhnya hukuman karena fans Indonesia disebutnya sudah 'menderita terlalu banyak'.

"Normalnya FIFA mencoret asosiasi negara yang menjadi anggota dalam kondisi kekacauan dan kemudian membiarkan pihak-pihak terkait menuntaskan perbedaan di antara mereka sebelum kembali mendaftarkan diri (ke FIFA).

"Tapi Indonesia tak seharusnya dikeluarkan dari FIFA. Itu terlalu penting dalam atlas persepakbolaan dan fans yang sudah lama menderita layak mendapat lebih dibanding hukuman atas kegagalan pengurus sepakbola di negara yang luas itu," demikian dituliskan Fink.

Lebih lanjut, Fink meminta FIFA membentuk sebuah komite darurat untuk mengambil alih PSSI dan menunjuk seorang petugas administrator yang mampu mengembalikan fungsi dan integritas sepakbola internal yang kini dilanda persoalan politis yang rumit. Nantinya komite tersebut diharapkan bisa menjadi jalan keluar atas masalah yang terjadi.

"Itu proses yang membutuhkan waktu berbulan-bulan, mungkin bertahun-tahun, tapi apa yang dipertaruhkan memang besar dan sepakbola dalam kondisi mengairahkan namun juga kacau seperti ini membutuhkan perhatian yang sampai sekarang belum didapatkan," lanjut Fink.

Dilanjutkannya, FIFA mungkin akan menjadi satu-satunya harapan PSSI untuk menuntaskan kekacauan yang terjadi saat ini. "Dan itu akan menjadi kemenangan buat Indonesia dan kemenangan permainan ini," tutup Fink.

Sumber: http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2011/03/29/153255/1603817/76/jangan-dihukum-fifa-harus-selamatkan-sepakbola-indonesia

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar