Advertisement

Link Banner

Benarkah Royal Jelly Pengaruhi Kedudukan Sosial di Koloni Lebah,Inilah Faktanya

Posted by YUDI SETIADI





TOKYO
- Protein bernama royalactin yang biasa terkandung di dalam royal jelly ternyata mampu mempengaruhi sistem koloni yang ada di kawanan lebah.

Penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan Toyama University memperlihatkan protein di royal jelly mampu mengubah lebah pekerja menjadi ratu lebah. Inilah yang mampu mengubah strata koloni di sekelompok lebah.

Salah seorang ilmuwan Masaki Kamakura, dalam eksperimennya mengasupi larva lebah dengan royal jelly yang disimpan pada temperatur 40 derajat celsius selama 30 hari. Hasilnya, khasiat bahan penyusun royal jelly mengalami penyusutan.

"Hasil penelitian ini memberi arahan pada mekanisme pembentukan kasta pada lebah," komentar peneliti dari Universitas Sussex, seperti dilansir Science Daily, Rabu (27/4/2011).

Ditambahkan olehnya, saat para lebah membentuk koloni, lebah ratu dan lebah pekerja memiliki ciri fisik yang sama, sementara kasta datang belakangan. Nah, kandungan Royalactin-lah yang menjadi penentu kasta pada koloni lebah.

Royal jelly dikenal sebagai nutrisi rahasia pada larva lebah madu. Bahan ini diberikan kepada beberapa larva yang kemudian berkembang menjadi ratu lebah yang bertindak dominan pada koloni lebah.



.....Jangan Lupa Kasi KOMENTAR nya gan....

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar