Wow...Di Bontang, Anda Daftar Naik Haji Tahun Ini, Baru Dapat Diberangkatkan 9 Tahun Kemudian

Para jemaah calon haji (Calhaj) yang masuk daftar tunggu di Kota Bontang, harus bersabar selama 9 tahun.


Mereka yang mendaftar di tahun 2011 ini, diperkirakan baru bisa diberangkatkan pada tahun 2020 mendatang. Pasalnya, saat ini jumlah daftar tunggu calhaj di Bontang sudah mencapai 1.100 orang sementara kuota haji Bontang hanya berkisar 135 orang per tahun.


"Kalau mengacu pada kuota haji untuk Bontang, daftar tunggu calon haji yang ada sekarang baru 9 tahun kedepan," ujar Kasi Urais dan Penyelenggaraan Haji, Kementrian Agama Kota Bontang, Ali Mustofa, dikutip Kaltimtoday.com dari Tribun belum lama ini.


Menurut Ali, panjangnya daftar tunggu calhaj ini karena animo warga untuk menunaikan ibadah setiap tahun meningkat. Sementara kuota yang tersedia tidak mengalami peningkatan signifikan. Sehingga daftar panjang calhaj itu bukannya mengalami penurunan, tapi justru terus meningkat setiap tahun.


"Jadi trennya tiap tahun bukan berkurang, tapi terus meningkat karena antara peminat dengan kuota tidak berimbang," katanya.


Kemenag Bontang, kata Ali sudah berungkali mengajukan penambahan kuota calhaj, namun respon dari Kementerian Agama tidak terlalu menggembirakan. Ini bisa dipahami, mengingat daftar panjang calhaj ini hampir dialami oleh seluruh Kabupaten/kota se Kaltim, bahkan di seluruh Indonesia.

Posted in: , , , , , , ,

0 komentar for "Wow...Di Bontang, Anda Daftar Naik Haji Tahun Ini, Baru Dapat Diberangkatkan 9 Tahun Kemudian"

Leave a reply