Advertisement

Link Banner

Orang Indonesia Lebih Pilih Wisata Luar Negeri Ketimbang Domestik

Posted by Mobile eSports


Taman-Wisata-Ujung-kulon.jpg


Menjelang liburan pergantian tahun, banyak biro perjalanan menawarkan paket wisata dengan harga kompetitif. Pilihan tujuan wisata pun beragam, mulai dari wisata domestik hingga wisata ke luar negeri.

Minat masyarakat pun cukup besar untuk mulai merencanakan perjalanan wisata. Hal tersebut tampak dari animo pengunjung yang memadati acara "Garuda Indonesia Travel Fair 2011", Sabtu (12/11/2011). 

Dalam pameran yang diselenggarakan dari 11 November hingga 13 November 2011 ini, paket wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan lebih banyak wisata internasional dibandingkan domestik.

Salah satunya adalah harga tiket pesawat terbang yang ditawarkan, yaitu rute dari Jakarta ke Singapura misalnya hanya 86 dollar AS untuk pulang pergi. Sementara tiket pesawat terbang rute dari Jakarta ke Bali masih dihargai sekitar Rp 438.000 untuk sekali jalan.

Stefani, staf biro perjalanan Bayu Buana, mengungkapkan, saat ini masyarakat Indonesia lebih suka melakukan wisata ke luar negeri dibandingkan di dalam negeri karena harga tiket relatif tak berbeda jauh. Apalagi, lanjutnya, pilihan destinasi wisata domestik yang ditawarkan dalam paket wisata masih berkutat di sekitar Jawa dan Bali.

"Sebenarnya saat ini beberapa tempat wisata domestik mulai di-highlight lagi, misalnya orang Indonesia yang ingin berwisata sudah mulai menanyakan paket wisata ke Raja Ampat dan Pulau Komodo," kata Stefani.

Namun, katanya, harga paket untuk wisata ke Raja Ampat dan Pulau Komodo masih terhitung cukup tinggi untuk ukuran domestik. Dengan demikian, masyarakat lebih memilih untuk pergi berwisata ke luar negeri karena harganya hampir sama.

Sebagai gambaran, biro perjalanan wisata menawarkan paket wisata Raja Ampat saat ini sekitar Rp 5 juta hingga Rp 9 juta. Harga tersebut tidak termasuk tiket pesawat ke Sorong yang bisa mencapai Rp 3 juta untuk pulang pergi. Sementara dengan harga yang sama, calon wisatawan sudah bisa menikmati paket lengkap wisata ke China selama 8 hari. (KOMPAS.COM)

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar