Advertisement

Link Banner

7 Kebiasaan Agar Tidur Lebih Nyenyak

Posted by VIRAL ID


7 Kebiasaan Agar Tidur Lebih Nyenyak

Setidaknya, setiap orang pernah mengalami masalah dengan tidurnya. Dan kebanyakan, gangguan tidur disebabkan karena pikiran yang resah dan terbeban akan problem keseharian. Gangguan tidur ini ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh dan aktivitas sehari-hari, bahkan beberapa kasus di antaranya menyebabkan kematian.

Anda yang mengalami gangguan tidur akut, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Namun, apabila gangguan tidurnya termasuk ringan, Anda hanya perlu mencermati 7 hal di bawah ini untuk mendapatkan kembali tidur nyenyak Anda.

Jangan makan sebelum tidur

Entah hanya makan makanan ringan atau berat, akan membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman dibawa tidur. Alhasil, Anda justru akan bolak balik ke kamar mandi, resah mencari kegiatan, dan akhirnya tidur lebih larut malam.

Kurang olahraga

Alasan yang klise jika Anda bilang tak punya waktu untuk berolahraga. Padahal, berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari sudah cukup membantu tubuh untuk tetap bugar. Dan, dengan berolahraga, terbukti bahwa tidur lebih berkualitas.

Enyahkan gadget sebelum tidur

Salah satu kebiasaan buruk yang sulit lepas adalah bermain gadget di tempat tidur. Apalagi saat sedang asyik berperang komentar di social media, rasanya semakin malam semakin seru dan enggan ditinggalkan. Nah, kalau sudah begitu, kapan dong tidurnya?

Singkirkan kopi, teh dan minuman bersoda

Segala sesuatu yang mengandung kafein akan tetap membuat Anda segar dan terjaga. Untuk itu, setidaknya 2 - 3 jam sebelum tidur, hindari mengonsumsi minuman bersoda, kopi dan teh serta cokelat. Apabila Anda mendambakan tidur nyenyak, Anda boleh mengonsumsi susu putih hangat, yang justru akan membuat Anda lebih rileks.

Katakan tidak pada minuman beralkohol

Beberapa orang mungkin percaya bahwa minuman beralkohol, seperti anggur merah dapat menjadi pengantar tidur. Tetapi, mengonsumsinya di kala Anda susah tidur akan memberikan efek ketagihan dan menjadi kebiasaan yang berkepanjangan.

Terlalu tegang dan banyak berpikir

Ada kalanya di saat akan tidur, kita berangan-angan dan melamun. Entah membayangkan kejadian tadi pagi, kemarin sore, atau yang sudah lalu. Kemudian berangan-angan lagi membayangkan apa yang belum terjadi. Di satu sisi hal ini positif apabila Anda menanggapinya dengan positif. Mengambil masa lalu sebagai pengalaman, dan masa depan sebagai motivasi. Namun, apabila Anda memikirkannya secara berlebihan, maka ini akan menjadi sebuah tekanan dan beban tersendiri bagi otak yang seharusnya beristirahat.

Menonton TV

Ah, memang paling asyik menonton TV sampai ketiduran. Tetapi justru kebiasaan ini membuat Anda terjaga juga. Sekalipun akhirnya Anda ketiduran, tidur tidak akan berkualitas dan menjadi resah.

Bila Anda mendambakan tidur nyenyak berkualitas, mari relakskan tubuh dan bahu terlebih dahulu sebelum tidur. Jauhkan gadget, dan matikan TV serta lampu. Tak sampai 5 menit, Anda akan terlelap dan keesokan paginya tubuh terasa lebih segar.

{ 0 comments... or add one}


Poskan Komentar