Advertisement

Link Banner

BAGAIMANA AGAR TERKENAL LEWAT NGEBLOG?

Posted by VIRAL ID



Jakarta
- Blog merupakan situs web yang dapat memuat berbagai macam tulisan, artikel, serta informasi. Situs ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Di era digital seperti sekarang ini, para pengguna blog menjadi semakin banyak. Tak hanya orang dewasa saja yang mahir menggunakan situs tersebut, melainkan anak remaja pun juga banyak yang berbagi cerita mereka lewat blog.


Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com. Web yang dimiliki oleh Pyra Labs tersebut telah diakusisi oleh situs pencarian terbesar Google sejak akhir 2002 silam. Blog ini mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian biasa, sebagai penyalur untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain, menyalurkan hobi, mengisi waktu luang untuk kegiatan positif, hingga sebagai media publikasi dalam sebuah kampanye politik.


Jika Anda baru ingin bergabung menjadi blogger, mungkin bertanya-tanya apakah untuk membuat dan menulis blog itu ada aturan tak tertulis. Sebenarnya ini merupakan hal mudah yang perlu Anda terapkan. Cukup dengan menggunakan situs tersebut dengan hal yang positif. "Aturannya gunakan medium blog itu untuk hal-hal yang positif atau minimal hal yang tidak merusak," jelas Enda Nasution yang kerap disebut sebagai sosok 'Bapak Blogger Indonesia' saat diwawancara wolipop belum lama ini.


Menggunakan blog dengan hal-hal yang positif ini tentunya juga bisa mendatangkan manfaat tersendiri untuk si blogger. Evita Nuh, blogger fashion berusia 13 tahun, berkat menulis blog tentang berbagai gaya busananya dia kini menjadi terkenal di dunia maya. Hal serupa juga terjadi pada Stella Lee, beauty blogger yang menulis review berbagai produk kecantikan.


Selain menuliskan hal positif, apalagi yang bisa dilakukan agar blog Anda menjadi terkenal? Caranya cukup mudah. Jadilah 'beda' daripada yang lainnya. Anda juga harus konsisten dengan apa yang ditulis, misalnya hobi Anda menulis tentang film, maka isi dari postingan blog sebisa mungkin mengenai film semua.


"Perlu jadi blogger dengan suara dan konten yang unik, rajin berkontribusi balik, sosial dan bergabung dengan komunitas," ujar Enda lagi.


Blog-blog yang ada saat ini, sebagian dijalankan oleh seorang penulis tunggal seperti Stella Lee dan Evita Nuh, ada juga yang dikelola oleh beberapa penulis. Setiap blog biasanya dilengkapi dengan fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti adanya kolom komentar, serta menggunakan buku tamu. Oleh karena itulah, situs tersebut juga disebut sebagai media sosial.


Mengingat media sosial semakin banyak dan berkembang seperti situs jejaring sosial Facebook, serta Twitter, kini blog memiliki banyak pesaing. Kira-kira pada saat ini, apakah blog semakin berkembang dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat?


"Blog sebagai medium personal publishing tetap ada, akan tetapi memang ia bersaing dengan keberadaan Facebook dan Twitter yang lebih mudah untuk digunakan," ujar Enda yang pernah bekerja sebagai Internet Marketing Strategist di Bangkok, Thailand itu.


Yang membedakan blog dari Facebook dan Twitter yaitu dimana para pengguna blog dapat dengan mudah menulis cerita dengan kapasitas tulisan yang tidak ditentukan. Sehingga, para pengguna akan lebih mudah mengeluarkan berbagai macam informasi secara tidak terbatas.


"Dengan menjadi seorang blogger, kita memiliki, melatih dan terbiasa untuk mencatat serta menulis apa yang kita pikirkan. Kita juga terbiasa menuliskan pikiran kita dalam tulisan terstruktur. Kita juga makin sadar lingkungan, karena kita sadar untuk mendokumentasikan lingkungan disekitar kita untuk jadi bahan blog posting," papar pria kelahiran 29 Juli 1975 itu.

{ 0 comments... or add one}


Poskan Komentar